LIMA PERAN DALAM KEHIDUPAN - SIMPLOGER14

January 12, 2018

   Lima Peran Dalam Kehidupan

Dari berbagai referensi dan pengamatan terhadap kehidupan sehari hari,  setiap orang  memiliki lima peran dalam kehidupan, yang dilaksanakan secara bersama sama dan simultan, yaitu sebagai pribadi yang mandiri,  sebagai anggota keluarga,  sebagai anggota masyarakat, sebagai dari bagian lingkungan alam, dan terakhir tetapi sangat penting adalah sebagai Hamba Tuhan Yang Maha Esa.


Sebagai Pribadi Yang mandiri,  seseorang dituntut untuk mampu menghadapi problema yang dihadapi.


Kecakapan Seperti Itu seringkali disebut kecakapan personal (personal skill)  , yaitu kecakapan yang diperlukan untuk mampu menjadi pribadi yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Untuk Mampu memahami suatu masalah secara utuh,  diperlukan berbagai informasi yang relevan.  Berbagai informasi tersebut selanjutnya di analisis untuk menghasilkan solusi yang efektif dan waktu yang cepat,  tenaga sedikit dan biaya yang minimal.
 
    Untuk memahami masalah yang dihadapi,  menggali informasi yang terkait,  melakukan analisis secara cermat,  menemukan alternatif  alternatif  yang ada dan mampu memilih alternatif yang paling baik.

   Pola Pikir Yang Parsial dengan skemata lepas.  Artinya menganggap pekerjaan mengerjakan tugas dengan sebaik baiknya.

   Secara Psikologis,  kecakapan kecakapan diatas,  terkait Erat dengan kecakapan berpikir,  baik berpikir rasional/keilmuan, maupun berpikir rateral/kreatif . Berpikir rasional sangat diperlukan pada saat melakukan analisis,  sedangkan berpikir rateral sangat diperlukan saat mencari alternatif pemecahan Masalah.
 Kecakapan tersebut dapat digolongkan sebagai kecakapan berpikir (thinkin skill).

   Disamping harus memiliki thinking skill,  untuk dapat menjadi pribadi yang sukses,  seseorang juga harus disiplin,  jujur,  kerja keras,  ulet,  sabar,  pantang menyerah dan berani mengambil resiko.

 
   Terima Kasih Buat Yang udah Berkunjung
Sampai Jumpa DiArtikel Selanjutnya,  ðŸ˜…
SALAMCERDAS WAWASAN-

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

artikelnya sangat bermanfaat gan.ditunggu kunjungannya.

Balas

Terima Kasih Atas Masukannya Mas 😅 Siap 86

Balas

Featured post

MENJADI ANGGOTA MASYARAKAT - SIMPLOGER14

    Menjadi Anggota Masyarakat -SIMPLOGER Beberapa merupakan perluasan dari peran keluarga,  karena memerlukan kecakapan yang sama , ya...

Search This Blog