LIFE SKILL VS MATA PELAJARAN - SIMPLOGER14

January 11, 2018

    Meluruskan Makna life Skill

Ketika Kali Pertama Saya Menggunakan Istilah Life Skill, Didalam  Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar Pada 14 Desember 1998, Banyak Kawan Mempertanyakan Apa Maknanya. Apakah Itu Sama dengan BASIC SKILL dalam konsep pendidikan vokasional atau skill dalam taksonomi Bloom?  jawaban Saya Saat Itu life Skill Adalah Kecakapan Hidup,  yaitu kecakapan yang diperlukan Seseorang Untuk dapat sukses dalam kehidupannya, persis seperti yang kita temukan dalam bab Mencermati Orang - Orang Sukses

Sengaja Digunakan Istilah "Kecakapan" sebagai kata indonesia (terjemahan)  dari "skill" dan bukan "keterampilan" . Hal itu semata mata  untuk menghindari penyempitan arti skill sebagai keterampilan manual.  Mengapa demikian?  Karena selama ini, istilah keterampilan diasosialisasikan dengan keterampilan PSIKOMOTORIK dari taksonomi  Bloom,  sehingga maknanya menyempit menjadi keterampilan yang bersifat manual saja.  Akibatnya,  ketika konsef life skill diperkenalkan kepada sekolah,  banyak SD dan SMP yang Mengadakan Program keterampilan bagi siswa,  misalnya siswa diajari memelihara itik,  membuat keset , Dan Sebagainya.  Bukan Berarti,  Siswa SD Tidak Belajar Keterampilan Manual,  Tetapi Life skill jauh lebih luas dari sekedar keterampilan manual. 

Kata "SUKSES" mengandung makna yang luas dan tidak tepat sama rinciannya bagi setiap orang.  

Jika Peran manusia dalam dapat diidentifikasi,  kita dapat melakukan analisis untuk menemukan kecakapan hidup yang diperlukan untuk melaksanakan peran tersebut.  Dengan Cara itu, pendidikan yang kita lakukan akan benar benar mengembangkan kecakapan yang diperlukan untuk memerankan diri Dalam Kehidupan Di Masa Datang. 


Terima Kasih Buat Yang Udah Mampir,
Mohon Maaf Bila Ada salah dalam penulisan kata kata ..
Sampai Bertemu lagi Di Artikel Artikel Selanjutnya ..|| Salam Pintar Wawasan 😅


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
First
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

Terima Kasih Gan 😅 Infonya Sangat Bermanfaat sekali 😅

Balas

Terima Kasih Gan 😅 Infonya Sangat Bermanfaat sekali 😅

Balas

Featured post

MENJADI ANGGOTA MASYARAKAT - SIMPLOGER14

    Menjadi Anggota Masyarakat -SIMPLOGER Beberapa merupakan perluasan dari peran keluarga,  karena memerlukan kecakapan yang sama , ya...

Search This Blog